My Little Notes

Mengenal Cara Kerja Search Engine


Mesin pencari seperti Google atau Bing, siapa yang tak pernah menggunakannya? Walaupun social media, forum, dan marketplace memiliki fitur search sendiri, tapi penggunaan search engine masih mendominasi untuk mencari jawaban dari hal yang ingin dicari di internet. Dan kita semua berharap bisnis kita yang pertama ditemukan oleh search engine saat orang-orang mencari sesuatu. Namun bagaimana sebenarnya cara search engine bekerja?  

Search engine memiliki dua fungsi utama, yaitu crawling dan indexing, dan menyediakan hasil pencarian secara relevan. Saya akan menjelaskan satu persatu Cara Kerja Search Engine.

Bayangkan dunia internet adalah sebuah kota yang sangat besar dan memiliki jalur transportasi yang memiliki banyak halte di dalamnya. Di dalam setiap halte ada dokumen yang beragam, antara lain, halaman web, gambar, file pdf, audio. video, dan lainnya. Maka tugas search engine adalah crawling (merayap) dan menjangkau seluruh halte tersebut untuk menyimpankan dokumen di dalamnya.

Robot search engine yang seringkali disebut “crawlers” atau “spiders”, menggunakan link untuk memudahkan penyimpanan milyaran data yang terhubung. Dengan cara khusus, data disimpan ke dalam harddrive sehingga dapat dipanggil kembali saat pencarian. Untuk meyimpan data yang begitu banyak, search engine memiliki media penyimpanan di datacenter yang tersebar di seluruh dunia. Dengan begitu search engine dapat menyediakan informasi sangat cepat sesuai query pencarian.  

Search engine juga berfungsi sebagai mesin penjawab. Ketika seseorang mencari sesuatu lewat search engine, maka search engine akan menampilkan hasil yang relevan dan bermanfaat bagi pencari. Lalu kemudian mengurutkannya sesuai dengan persepsi manfaat yang terbaik untuk pencari.

Jika di awal penciptaan mesin pencari, makna relevan adalah kata atau kalimat yang ditemukan persis dengan apa yang dicari. Tapi kini ada jauh lebih banyak faktor yang menentukan relevansi sebuah hasil pencarian terbaik. Dua orang yang mencari hal yang sama dengan keyword yang sama bisa menghasilkan hasil pencarian yang berbeda. Terlebih lagi jika anda googling menggunakan ID Google, maka Google akan mencari hasil sesuai dengan karakteristik profil Anda.

Untuk tingkat pengurutan sendiri, kebanyakan mesin pencari masih mengandalkan popularitas sebuah halaman. Halaman yang banyak dikunjungi akan menjadi prioritas tersendiri bagi tingkat pengurutan di search engine. Itulah mengapa anda harus mempromosikan dan meningkatkan view ke website Anda.

Kini Anda sudah mengerti cara search engine bekerja. Apakah Anda tetap ingin mengupayakan bisnis Anda untuk ditemukan di halaman pertama search engine? artikel ini saya ambil dari netpreneur.co.id.

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Cara Kerja Search Engine"

Post a Comment

About

Saya seorang pecandu internet yang sangat tertarik dengan dunia blogging dan coding web. Saya mulai mengenal blog sekitar tahun 2008, namun tidak sepenuhnya waktu untuk ngeblog dan saya bukanlah blogger profesional.
Copyright © 2010-2016 Maskukuh.com